(Bontang, 28 November 2016). Pemerintah Kota Bontang bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Sabtu (26/11) lalu.

Bimtek berlangsung di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Bontang Utara dan dihadiri oleh 35 KUBE dan 5 Kelompok RTLH di Kota Bontang. Tujuannya adalah memberikan pembekalan tentang pengelolaan bantuan secara teknis sehingga bantuan dapat dikelola dengan tepat dan baik.

Hadir sekaligus membuka kegiatan yaitu, Kepala Disosnaker Kota Bontang Abdu Safa Muha didampingi oleh perwakilan Kementerian Sosial RI Hadiyono selaku narasumber.

Dalam sambutannya, Abdu Safa Muha menuturkan dirinya bersyukur Kota Bontang menjadi satu dari ratusan kabupaten/kota yang terpilih untuk menerima bantuan dari pemerintah pusat.

“Jumlah masyarakat Kota Bontang kurang lebih 165.000 jiwa dan berdasarkan data dari Pusadatin, sebanyak 36.000 jiwa merupakan masyarakat miskin. Sehingga, bantuan ini menjadi satu kebanggaan bagi Kota Bontang dan tentunya tidak lepas dari kerjasama semua pihak dari RT, Kelurahan, Kecamatan maupun antar SKPD,” ungkap Safa.

Mantan Camat Bontang Barat ini mengatakan, bantuan tersebut sangat berarti baginya karena meringankan tugas Disosnaker Kota Bontang dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Taman. Oleh karena itu, ia berharap bimtek ini dapat digunakan secara optimal untuk diaplikasikan di masing-masing tempat sesuai kebutuhan. Masing-masing KUBE mendapatkan bantuan usaha sebesar 20 Juta/Kelompok dan bantuan RTLH sebesar 15 Juta/Rumah.

Safa juga menuturkan harapannya agar kedepannya, salah satu KUBE dapat menorehkan prestasi seperti KUBE Mekar Sari yang ikut serta dalam lomba KUBE Tingkat Nasional pada 7 s/d 10 Desember 2016 mendatang.

“Prestasi yang ditorehkan KUBE Mekar Sari sangat luar biasa dan diharapkan dapat memotivasi rekan-rekan lainnya untuk lebih maju dalam mengembangkan usahanya,” tutup Safa.

Bagian Humas-PPID Kota Bontang