(Bontang, 13 Juni 2019) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang menerima kunjungan dari Diskominfo Kukar, Kamis (13/6). Bertempat di Command Center Kota Bontang, lantai 2 Auditorium 3D, Jalan Awang Long, Bontang Utara.  Dewi Ariani, S.P., Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi, mewakili Diskominfo Kutai Kartanegara (Kukar) dalam kunjungan ini.

Terdapat beberapa poin yang dibahas dalam pertemuan tersebut, tetapi infrastruktur jaringan merupakan isu krusialnya.

“Karena jaringan itu sudah menjadi kebutuhan pokok untuk layanan pemerintah,” jelas Dewi Ariani.

Menurutnya, Kota Bontang merupakan salah satu kota yang sedikit lebih crowded, dari segi mobilisasi data  maupun regulasi manajemen infrastruktur. Hal ini dikuatkan dengan keberadaan masterplan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dimiliki Kota Bontang. Karenanya, pada kunjungan yang  ketiga kali ini, Dewi ingin melakukan komparasi dengan kondisi di Kukar.

Hal lain lain yang juga difokuskan  oleh Dewi yaitu besaran rasio infrastruktur yang dimiliki, dengan area layanan baik opd maupun stakeholder serta perihal keamanan data.

“Bagaimana sih Pemkot Bontang ini mengantisipasi jika ada serangan-serangan terhadap data pemerintah,” tandasnya.

Ditemui seusai diskusi, Dewi memaparkan beberapa poin hasil diskusinya.

“Ada beberapa hal yang dapat kami ambil dan jadikan referensi di Kukar,” ungkap Dewi.

Poin pertama yaitu regulasi terkait infrastruktur jaringan. Kedua, perihal kerjasama dengan pihak swasta dalam penyediaan layanan Wi-Fi Station pada masyarakat. Terakhir, mutasi aset per OPD yang nantinya akan diperkuat dengan kebijakan Kemenkominfo. Aset tersebut berupa server dan semua infrastruktur terkait IT harus terpusat di satu pintu, yaitu di Kominfo.

Di akhir sesi wawancara, pihaknya memastikan bahwa akan ada kunjungan lanjutan. Dewi berharap agar Diskominfo se-Kaltim dapat bersinergi. Dengan begitu peran Kominfo dalam layanan publik, baik internal OPD maupun ke masyarakat, dapat dimaksimalkan.

“Kami berharap kerjasama Bontang dan Kukar ini dapat terjalin dengan baik ya, sehingga kita dapat memaksimalkan peran kominfo ini dalam layanan publik yang sudah bersifat dunia maya,” pungkasnya. (AF/L)

PPID Kota Bontang