(Bontang, 2 Juni 2017). Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang)  Kota Bontang menggelar Launching Gerakan Penelitian Masyarakat (GELITIK) serta Lomba Inovasi, Penelitian dan Teknologi Tepat Guna (SI PEENA) pada Selasa (30/5) kemarin.

Bertempat di ruang rapat Bapelitbang Kota Bontang, launching dihadiri oleh Wakil Walikota Bontang Basri Rase, Kepala Bapelitbang Kota Bontang Zulkifli, Perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bontang, dan Perwakilan sekolah dan perguruan tinggi di Kota Bontang.

Launching tersebut merupakan terobosan baru Bapelitbang dalam rangka meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat Bontang untuk melakukan penelitian. Tidak hanya itu, GELITIK juga meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam menciptakan penelitian-inovasi yang dapat diimplementasikan dan diaplikasikan untuk kemajuan Kota Bontang. Sedangkan SI PEENA merupakan kompetisi penelitian aplikatif yang bertujuan memberikan solusi atas permasalahan secara praktis.

Sebagai bahan informasi, SI PEENA adalah kompetisi berbasis tema yang dilaksanakan setiap tahun dengan durasi penelitian selama 6 bulan. Seluruh hasil penelitian tersebut nantinya akan dipublikasikan oleh Pemkot Bontang dan dikembangkan untuk tujuan pembangunan.

Dalam sambutannya, Walikota Bontang Basri Rase menyampaikan apresiasinya terhadap launching GELITIK dan SI PEENA serta menghimbau pihak sekolah maupun perguruan tinggi agar mendorong siswanya untuk turut berperan aktif.

“Saya sangat mengapresiasi gerakan ini dan berharap tim seleksi atau juri lomba SI PEENA lebih selektif untuk menghindari adanya duplikasi karya dari pihak lain,” tutur Basri.

“Saya juga menghimbau kepada pihak sekolah maupun perguruan tinggi untuk mendorong siswa atau mahasiswanya berperan aktif dalam kegiatan penelitian sehingga tercipta peneliti-peneliti muda di Kota Bontang. Hal ini tentunya sangat mendukung Kota Bontang dalam mewujudkan Smart City, Creative City, dan Green City,” tutupnya.

PPID Kota Bontang