(Bontang, 9 Mei 2018). Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bontang (BPBD) menggelar patroli laut untuk memantau dan mengawasi Wisata Laut di Pulau Beras Basah pada Sabtu (5/5/18).

Patroli laut ini dilaksanakan secara rutin untuk memberikan pelayanan pendampingan dan rasa aman kepada wisatawan yang berkunjung sekaligus sebagai promosi untuk menarik wisatawan dengan kehadirannya Tim Rescue BPBD Kota Bontang. Dengan patroli ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang ingin berkunjung di objek wisata laut yang dikembangkan oleh Pemkot sehingga kesejahteraaan warga di sekitar tempat wisata dapat meningkat.

Pada kesempatan ini, Tim BPBD melaksanakan patroli laut sebanyak dua kali dalam kurun waktu dua hari. Pada hari pertama patroli laut, tim personil BPBD yang hadir berjumlah 7 orang. Jumlah pengunjung wisata pada hari pertama terdapat 8 kapal dengan kapasitas 100 orang.  Saat dilakukan patroli laut, keadaaan cuaca cerah sehingga tidak ada insiden yang terjadi.

Sementara itu, pada pelaksanaan patroli laut di hari kedua Tim BPBD mendapati satu insiden, yaitu salah satu pengunjung terluka saat berenang dikarenakan serangan ikan Kalepo. Pengunjung wisata di hari kedua patroli berasal dari Balikpapan dan Samarinda dengan jumlah wisatawan sebanyak 447 orang, sedangkan yang menginap berjumlah 25 orang. Dengan insiden yang terjadi, Tim BPBD tentunya segera sigap memberikan pertolongan pertama dan segera membawa korban ke Puskesmas terdekat sehingga korban dapat terselamatkan. Selain itu, Tim BPBD menghimbau agar para pengunjung lebih waspada dan berhati-hati saat berenang, agar insiden tersebut tidak terulang kembali.

Pelayanan BPBD melalui pemantauan ini tentunya sangat memberi manfaat bagi para wisatawan . Diharapkan pemantauan ini dapat terus berlanjut, sehingga dapat meningkatkan pariwisata di Kota Bontang.

PPID Kota Bontang