(Bontang, 10 Maret 2017).  Sebagai upaya untuk memperkenalkan dan menerapkan aplikasi siMAYA di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bontang, maka pada hari Kamis (9/3/2017) kemarin digelar kegiatan Bimtek siMAYA (bimbingan teknis Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Maya (Bimtek siMAYA).

Kegiatan Bimtek siMAYA sendiri dilaksanakan di ruang rapat Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah seluruh pegawai yang berada di lingkungan Diskominfo dan Statistik Kota Bontang.

Dikutip dari situs https://simaya.layanan.go.id/pages/tentang.html, siMaya merupakan aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya. Aplikasi siMAYA telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah. Pada kondisi dan pertimbangan tertentu, aplikasi siMAYA dapat diinstal secara lokal di instansi pemerintah.

Hadir sebagai pembawa materi sekaligus pembimbing dalam kegiatan Bimtek siMAYA yaitu Wahyu Hermawan yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Aplikasi Teknologi Informasi dan Persandian.

Pada kegiatan tersebut Wahyu memaparkan bahwa siMAYA merupakan sistem surat-menyurat dari surat masuk hingga surat keluar secara elektronik untuk menggantikan sistem surat-menyurat konvensional. Jadi, seluruh surat masuk hingga disposisi kepala dinas kepada pejabat  eselon III maupun pejabat eselon IV nantinya akan dibuat secara elektronik. Adapun target dari program siMAYA untuk sementara ini adalah para pegawai di Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang.

“Penggunaan siMAYA ini targetnya adalah seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bontang. Namun, untuk sementara ini untuk pegawai Diskominfo dan Satatistik Kota Bontang dulu. Selanjutnya, nanti kita sebar ke OPD lain,” paparnya.

Tujuan dari penggunaan siMAYA adalah dalam rangka efektifitas dan efisiensi sebagaimana yang digaungkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Program siMAYA diharapkan dapat mengurangi penggunaan kertas dalam surat-menyurat.

Program siMAYA ini memiliki kelebihan yaitu mudah digunakan serta dapat diakses dimanapun selama pengguna memiliki kode akses aplikasi dan koneksi internet. Sedangkan kelemahannya adalah masih ada beberapa fitur yang belum terpasang serta penggunaan secara mobile melalui smartphone yang belum baik oleh pengakses. Sementara itu, versi program siMAYA saat ini telah naik dari versi 4 ke versi 5.

Salah satu kendala yang menjadi keluhan para pegawai di lingkungan Dinas Kominfo dan Statistik Kota Bontang terkait penggunaan program siMAYA adalah permasalahan jaringan. Namun, Wahyu menyampaikan bahwa kendala tersebut akan segera diatasi.

“Kendala di Dinas Kominfo dan Statistik terkait jaringan yang lambat, dapat dimaklumi karena bandwidth 60 Mbps digunakan oleh ribuan pegawai di kota bontang. Tapi, tim IT kota bontang akan berusaha untuk segera mengatasinya,” ungkapnya.

 

PPID Kota Bontang