(Bontang, 31 Agustus 2016). Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan pembentukan Kelompok Kerja (POKJA) Kelurahan Tangguh Bencana. Acara pembukaan yang berlangsung tanggal 22 Agustus 2016 di Kelurahan Loktuan Bontang dibuka oleh Walikota Bontang, Neni Moernaeni.

Kegiatan berlangsung selama 4 hari dan dilaksanakan di dua tempat berbeda, yakni Kelurahan Loktuan pada tanggal 22-23 Agustus serta Kelurahan Berbas Pantai pada tanggal 24-25 Agustus 2016. Kegiatan difokuskan pada penyempurnaan surat keputusan Lurah mengenai pembentukan forum, surat keputusan relawan dan rencana kotijensi (perkiraan keadaan) di Kelurahan Loktuan dan Berbas Pantai.

Melalui kegiatan POKJA Kelurahan Tangguh Bencana, tim bertujuan mengajak peserta menjadi pelopor dan penggerak di wilayah kelurahannya masing-masing. Selain itu, dapat menyadarkan masyarakat mengenai daerah rawan bencana yang ada di sekitar masyarakat, melakukan pendataan daerah rawan bencana, dan membuat peta daerah rawan bencana. Hal yang paling penting dalam kegiatan POKJA adalah membangun komitmen bersama dalam hal penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat.

PPID Kota Bontang