(Bontang, 30 Maret 2018). Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bontang Drs. Dasuki, M.Si didampingi Kabid Pengembangan Teknologi Komunikasi Informasi dan Persandian Taufiqurrakhman, SH, M.Si, Kabid Pelayanan Informasi Data dan Statistik Ir. H. Mudjiono, Kasi Aplikasi Teknologi Informasi dan Persandian Wahyu Hermawan, S.Si, M.T, menerima kunjungan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kabupaten Kutai Timur di Command Center Eks. Kantor walikota Jl. Awang Long No. 1 Bontang Baru Bontang Utara, kemarin (29/3) siang.

Dasuki menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah sarana tukar informasi atau sharing kolaborasi, dikarenakan persoalan – persoalan serta tuntutan dan tantangan yang dihadapi relatif sama.
“Permasalahan – permasalahan (yang dihadapi) sebenarnya sama tapi dinamikanya yang berbeda, intinya Kominfo menjadi enabler dalam menjalankan sistem pemerintahan berbasis elektronik”, Jelas Dasuki.

Lebih lanjut, Dasuki menjelaskan, Kominfo kedepan akan hadir diseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama yang sudah dipetakan dalam Road Map reformasi birokrasi diantaranya e-Budgeting, e-Procurement, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan akan dipublish pada Command Center agar kepala daerah dapat melihat proses pelayanan kepada masyarakat.

Tak hanya itu, Diskominfotik Kota Bontang telah membuat aplikasi yang berfungsi memantau grafik media sosial yang berkaitan dengan kebijakan publik. “kita sudah selesai (membuat) aplikasi memantau frekuensi grafik medsos, jadi kebijakan – kebijakan kepala daerah yang disukai dan tidak disukai masyarakat akan terlihat dan akan menjadi chek and balance kepala daerah untuk mengambil keputusan”, Bebernya.

Dikesempatan yang sama, Kadis Diskominfo Perstik Kutim menjelaskan bahwa Kota Bontang adalah salah satu daerah yang telah melaksanakan Smart City berbasis open government dengan baik, dengan melakukan pengelolaan dan terobosan – terobosan kreatif serta inovatif untuk tercapainya Smart City yang searah dengan misi pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

“Bupati dengan Wakil Bupati mempunyai misi bahwa pelayanan kepada masyarakat itu harus diutamakan. Pelayanan itu akan dapat terlaksana dengan baik jika kita sudah menyiapkan seluruh data yang dibutuhkan yang diperlukan masyarakat”, Terang Erlyan Noor ditemui disela – sela acara.

Erlyan Noor menambahkan bahwa hasil dari kunjungan ini, pihaknya banyak menerima informasi tentang proses Smart City Kota Bontang yang berkaitan dengan e-government mulai dari perencanaan e-planning, e-budgeting, e-controlling hingga pada level e-katalog dan termasuk perekrutan tenaga kerja outsourcing berbasis IT.
“Kami berharap bahwa komunikasi dan konsultasi kami ini tetap akan kami lakukan”, Tutupnya.

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Diskominfo Perstik Kutim Drs. H. Moch. Erlyan Noor, M.Si didampingi Plt. Sekretaris Darsafani, S.Sos, M.Si, Kabid Infrastruktur TI dan Telematika Hairi Yamanto, SH, M.Hum, Kasi Infrastruktur TI dan Komunikasi Data, Lasri, S.Sos.

PPID Kota Bontang