(Bontang, 9 Juli 2018). Wakil Walikota Bontang Basri Rase membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Pranata Humas yang diselenggarakan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bontang, di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang Jalan Awang Long No. 1 Bontang Utara, Jumat (6/7) lalu.

Bimtek yang melibatkan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bontang tersebut, menghadirkan dua orang narasumber yakni Sekretaris Informasi dan Komunikasi Publik / Plt. Direktur Komunikasi Publik Dra. Siti Meiningsih, M.Sc dan Kasi Pemberdayaan Profesi Komunikasi Publik Asriani Sri Wahyuni, SE, M.SE.

Ketua panitia kegiatan Bimtek Pranata Humas Ririn Sari Dewi, S.Ip, M.Si, menjelaskan dalam laporannya, bahwa tujuan diadakan kegiatan tersebut adalah (1) Memberikan wawasan kepada Pranata Humas terkait teknis pengisian DUPAK dan penyusunan bukti fisik kegiatan, (2) Memberikan wawasan kepada tim penilai PAK terkait teknis penghitungan angka kredit, (3) Memberikan wawasan terkait kelengkapan administrasi guna pengajuan kenaikan pangkat bagi jabatan fungsional pranata humas.

Sehari sebelumnya (5/7), telah diselenggarakan Rapat Koordinasi internal Tim Penilai dan Pranata Humas di ruang rapat Diskominfotik yang dipimpin Sekretaris Diskominfotik Ririn Sari Dewi, S.Ip, M.Si dan Kabid Mutasi dan Pengembangan BKPP Jumiran, SE, serta dihadiri Pranata Humas dari seluruh OPD di Kota Bontang, dengan tujuan untuk menghimpun seluruh masukan dan mengidentifikasi permasalahan – permasalahan Pranata Humas dalam menjalankan tugas dan fungsinya yang nantinya akan disampaikan kepada narasumber.

Sementara itu, Wakil Walikota Bontang Basri Rase menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Bimtek Pranata Humas tersebut. Dirinya pun memuji Diskominfotik yang telah menghadirkan narasumber yang berkompeten dan kredibel untuk memberikan pemahaman kepada para Jabatan Fungsional Pranata Humas.

Tak hanya itu, Basri juga menyatakan bahwa kehumasan berada di bawah kewenangan Diskominfotik, jika merujuk pada aturan yang telah ada sejak 2016.

“Saat ini Kehumasan berada di bawah Sekretariat Daerah, berdasarkan Keputusan Presiden dan Kemenpan-RB, sebaiknya Kehumasan itu berada di bawah Dinas Kominfotik. Tentu bukan karena kemauan Kepala Dinas Kominfotik tapi ini aturan yang harus dilaksanakan secara baik,” jelas Basri ditemui usai membuka kegiatan Bimtek Pranata Humas

“Mungkin setelah Bimtek ini, Diskominfotik akan membuat telaahan staf, ini kan menyangkut Peraturan Walikota dalam rangka pelimpahan jabatan dan kewenangan, Inshaa Allah dengan adanya ini (penggabungan) akan lebih baik,” tambahnya.

Dirinya pun mengharapkan, kehumasan Kota Bontang akan berperan lebih baik dengan memberikan informasi yang terpercaya kepada publik tentang keberhasilan, pencapaian program – program  kerja Pemerintah Kota Bontang

Menanggapi hal tersebut, Kadis Diskominfotik Kota Bontang Drs. Dasuki, M.Si mengamini apa yang dinyatakan oleh Wakil Walikota Bontang, bahwa fungsi kehumasan merupakan wewenang dari Diskominfotik.

“Sesungguhnya memang, fungsi kehumasan diberbagai daerah sudah beralih ke Kominfo, oleh karena oleh karena itu kedepan kita akan bekerjasama dengan para wartawan untuk sama – sama memberikan informasi yang terbaik bagi perkembangan dinamika pembangunan di Kota Bontang,” Jelas Dasuki.

“Tentu akan kita (Diskominfotik) usulkan ke Pemerintah untuk dilakukan revisi terhadap peraturan daerah yang terkait Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) kelembagaan kita sehingga menjadi kewenangan Diskominfotik,” sambungnya.

PPID Kota Bontang