(Bontang, 1 Desember 2017). Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik secara resmi menggelar Launching Bontang JAGO Smart City pada Kamis (30/11/17) kemarin malam.

Bertempat di Auditorium Pemkot Jalan Awang Long, acara tersebut dihadiri oleh Walikota Bontang Neni Moernaeni, Plt. Sekda Artahnan Saidi, Ketua DPRD Kota Bontang, Direktur PT. Telkom Cabang Bontang, CEO Citiasia, Direktur PT. Pupuk Kaltim, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Dasuki, perwakilan perusahaan di Kota Bontang, seluruh kepala OPD, Camat, Lurah, perwakilan mahasiswa, siswa, seluruh staf  Dinas Kominfotik dan tamu undangan.

Berlangsung dengan meriah, dalam acara tersebut para tamu disuguhi dengan lantunan musik tradisional kutai, tari Jepen dan video Bontang Smart City yang dipersembahkan oleh Dinas Kominfotik.

Bahkan dalam sambutannya, Walikota Neni Moernaeni mengucapkan apresiasi dan terima kasihnya atas kerjasama seluruh pihak yang telah terlibat untuk mensukseskan acara tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih untuk kerjasama seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara malam hari ini. Semoga dengan adanya berbagai fasilitas yang telah tersedia seperti internet di beberapa titik Kota Bontang dan pulau-pulau, baik Pulau Gusung, Tihi-Tihi, Melahing bahkan sekarang ada tambahan fasilitas command center. Saya berharap dapat semakin mendukung jalannya Kota Bontang menjadi smart city. Sehingga Kota Bontang suatu hari nanti dapat dilihat oleh mata dunia,” tutur Neni.

“Walaupun kondisi keuangan defisit, semangat kita jangan sampai luntur. Kita sama-sama mewujudkan Kota Bontang menjadi kota yang smart people, smart environment, smart government, smart education dan smart dalam bidang apapun menuju Kota Bontang menjadi Kota Amazing Khatulitistiwa,”jelasnya.

Senada, Direktur PT Telkom pun mengapresiasi setiap usaha yang telah dilakukan pemerintah Kota Bontang untuk menyamakan barisan dengan kota-kota lain untuk menjadi smart city.

“Luar biasa usaha-usaha yang telah dilakukan pemerintah Kota Bontang untuk mewujudkan smart city patut diacungi jempol. Dengan adanya berbagai aplikasi dan fasilitas seperti wifi di pulau terpencil tentunya sangat membantu dan mengedukasi masyarakat Kota Bontang, sehingga tidak hanya pemerintahnya tapi masyarakatnya pun menjadi smart people,” ujarnya.

Tidak ketinggalan, CEO Citiasia juga menuturkan harapannya agar fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dapat berdampak dan membuahkan hasil.

Diakhir acara, secara resmi Walikota Neni didampingi Plt. Sekda Artahnan Saidi, Ketua DPRD Kota Bontang, Direktur PT. Telkom Cabang Bontang, CEO Citiasia, Direktur PT. Pupuk Kaltim,  Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Dasuki menekan tombol launching sebagai tanda resminya Kota Bontang menjadi Smart City.

PPID Kota Bontang