(Bontang, 11 Juli 2017). Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bontang kembali menggelar launching internet gratis (free wi-fi) bagi masyarakat pesisir pada Selasa (11/07/2017) siang kemarin. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka mewujudkan Bontang sebagai Smart City sebagaimana tercantum dalam misi Kota Bontang 2016-2021.

Bertempat di Balai Pertemuan Warga Desa Tihi-Tihi, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, kegiatan dihadiri oleh Plt. Sekretaris Daerah Artahnan, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekda Kota Bontang Emlizar Muchtar, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bontang Dasuki beserta jajarannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (KP3) Kota Bontang Aji Erlynawati, Kepala Bappeda Kota Bontang Zulkifli, Lurah Bontang Lestari Muhammad Nur, perwakilan dari Kecamatan Bontang Selatan, perwakilan dari beberapa dinas, tokoh masyarakat Desa Tihi-Tihi, Desa Selangan dan Desa Loktunggul, serta masyarakat sekitar.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bontang Dasuki memaparkan latar belakang launching internet gratis sesuai pasal 28 huruf F ayat 3 UUD Amandemen, yakni pemerintah hadir untuk memenuhi hak konstitusi warga.

“Yang menjadi latar belakang peluncuran internet gratis pada hari ini adalah kewajiban pemerintah untuk hadir memenuhi konstitusi warga seperti yang tertuang dalam pasal 28 huruf F ayat 3 UUD Amandemen bahwa setiap orang berhak berkomunikasi serta mendapatkan informasi untuk pengembangan pribadi dan sosialnya,” papar Dasuki.

“Harapan kami, dengan adanya free wifi ini masyarakat pesisir dapat terpenuhi haknya untuk memperoleh informasi seluas-luasnya. Bahkan saat ini, Dinas Kominfo dan Statistik memiliki web PPID yang didalamnya terdapat banyak informasi seputar Pemkot Bontang sehingga masyarakat juga dapat mengetahui kegiatan pemerintah,” tambahnya.

Mewakili Walikota Bontang sekaligus meresmikan kegiatan peluncuran internet gratis, Plt. Sekda Kota Bontang Artahnan turut menyampaikan harapannya atas launching internet gratis agar seluruh masyarakat Kota Bontang dapat melek teknologi, cerdas dan memiliki wawasan luas tanpa terkecuali.

“Kegiatan hari ini adalah salah satu bukti komitmen Pemkot Bontang dalam menyediakan sarana informasi bagi masyarakat Kota Bontang tanpa terkecuali. Melalui Dinas Kominfo, semoga masyarakat Kota Bontang dapat melek teknologi, cerdas dan memiliki wawasan luas tanpa terkecuali,” tutur Artahnan.

Acara pun ditutup dengan penyerahan papan informasi pemasangan internet gratis secara simbolis kepada salah seorang tokoh masyarakat dari Desa Tihi-Tihi, Desa Selangan dan Desa Loktunggul.

PPID Kota Bontang