(Bontang, 31 Mei 2017). Dalam rangka mengembangkan e-govermnment di lingkungan pemerintah Kota Bontang, Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik menggelar Workshop Master Plan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Statistik (TIK) pada Selasa (30/5) kemarin.

Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kota Bontang, workshop dihadiri oleh Walikota Bontang Neni Moernaeni, Kepala Diskominfo dan Statistik Kota Bontang Drs. Dasuki, dan perwakilan masing-masing OPD.

Sebagai bahan informasi, pengembangan e-Government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Pengembangan tersebut mencakup aktivitas-aktivitas yang berkaitan yaitu pengolahan data, pengelolaan informasi, sistem manajemen dan proses kerja secara elektronis.

Perencanaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dituangkan dalam Masterplan Pengelolaan TIK yang digunakan sebagai pedoman pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan TIK baik oleh pemangku kepentingan maupun aktor pelaksana serta evaluator di pemerintah Kota Bontang dari tahun 2018 sampai dengan 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Bontang Neni Moernaeni menuturkan harapannya agar seluruh OPD bersikap transparan terhadap konsultan.

“Untuk mencapai target kegiatan,saya sangat berharap seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bontang dapat bersikap transparan terhadap konsultan mengenai informasi yang ada di masing-masing OPD serta mampu memberi dukungan demi kelancaran kegiatan ini,” harap Neni.

Diakhir workshop setiap perwakilan OPD diberikan kuisioner dan dapat diisi dengan kondisi  sebenarnya serta diserahkan kepada perwakilan Dinas Komunikasi, Informastika, dan Statistik Kota Bontang selambat-lambatnya 2 Juni 2017.

PPID Kota Bontang