(Bontang, 4 April 2019). Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bontang menggelar Forum Group Discussion (FGD) dan tanggapan Tenaga Fasilitator/pendamping terkait KAK kegiatan Sistem Informasi Pengelolaan Data Statistik Terpadu (SIMPATIKU), Kamis (4/4/2019) di Ruang Rapat Diskominfo, Gedung Graha Praja, Jl. Bessai Berinta No.1, Bontang Lestari.

Sekretaris Diskominfo, Ririn Sari Dewi, S.Ip., M.Si., dalam paparannya, mengharapkan FGD ini  dapat memacu inovasi-inovasi lain di bidang statistik.

“Kita harapkan ada upgrade atau peningkatan dari statistik sendiri sebagai penyedia data,” paparnya.

Ririn menambahkan, FGD ini sendiri dimaksudkan sebagai media koordinasi antar pihak, baik Diskominfo sebagai wali data maupun OPD dan stake holders terkait lainnya.

Senada dengan Ririn, Kepala Bidang Data dan Statistik Diskominfo Ir. Mudjiono, M.Si menambahkan bahwa dengan SIMPATIKU ini agar seluruh pihak dimudahkan dalam pemenuhan kebutuhan datanya.

“Di Kota Bontang sendiri, kebutuhan statistik cukup tinggi. Contohnya saja salam rapat-rapat, yang pertama kali ditanyakan adalah data. Data tersebut akan menjadi acuan dalam pembuatan kebijakan. Sehingga betapa vitalnya kebutuhan akan data. SIMPATIKU ini nantinya akan menjadi jalan ketersediaan data bagi seluruh pihak,” ujar Mudjiono.

Semantara itu, Kepala Seksi Data dan Statistik Nur Ahsani Maghfiroh, S.T., M.Si menjelaskan bahwa Simpatiku diinisiasi oleh Diskominfo berperan sebagai wali data. Aplikasi ini nantinya memudahkan seluruh pihak untuk mengakses kebutuhan data statistik. Seluruh OPD di lingkungan Pemkot Bontang dilibatkan dalam penginputan data. Berbekal tampilan yang user friendly, diharapkan Simpatiku menjadi portal utama pemenuhan kebutuhan data statistik Bontang, sebagaimana yang disampaikan.

“Secara umum maksud dari Paket Kegiatan Pembangunan SIMPATIKU adalah untuk membantu dalam penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh Perangkat Daerah dalam rangka menunjang kebutuhan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan daerah,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan tujuan diadakannya SIMPATIKU adalah dalam rangka mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses serta dapat mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data.

Turut hadir dalam FGD tersebut, perwakilan dari instansi dan OPD, di antaranya STITEK Bontang, Pihak Swasta, Organisasi dan Tata Laksana (Ortal), Sekretariat Daerah (Setda), Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bontang, dan Kepala Seksi Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Sofyan Agus. (AF/AG)

PPID Kota Bontang