(Bontang, 21 Mei 2018). Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-110, Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik menggelar upacara pada Senin (21/5/18) pagi tadi. Upacara ini dilaksanakan untuk memperingati kebangkitan perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo.

Bertempat di halaman Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan  PTSP Kota Bontang, upacara dihadiri Wawali Basri Rase selaku Inspektur upacara, Wakil Ketua DPRD Bontang, FKPD, perwakilan TNI, BPBD, Satpol PP, Satpam, Guru, Mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

Sebagaimana yang kita ketahui, Boedi Oetomo merupakan salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kalinya menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana cara berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal sehingga dapat mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Mengangkat tema “Pembangunan SDM Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”, momentum Harkitnas tahun ini mengajak masyarakat untuk memahami sejarah guna merajut persatuan bangsa dengan upaya merebut setiap peluang dan mengembangkan kapasitas diri. Hal tersebut senada dengan sambutan Menteri Kominfo, Rudiantara yang dibacakan oleh Wawali Basri Rase, pagi tadi.

Lebih lanjut, Beliau menjelaskan bahwa semangat jiwa nasionalisme juga harus didukung dengan kapasitas SDM yang unggul. Hal tersebut tertuang dalam Butir ke – 5 Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo yang bertekad untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pendidikan dan pelatihan. Jika seluruh SDM di Indonesia memiliki tekad untuk merebut setiap peluang untuk mengembangkan kapasitas diri, menjadi unggul dan bersatu dalam ide nasionalisme yang sama, tentu Indonesia akan mampu mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain.

Oleh sebab itu, mari kita kembangkan diri, manfaatkan peluang untuk berkarya dan berkreativitas semaksimal mungkin. Jauhkan unsur-unsur pemecah belah. Semoga dengan peringatan Harkitnas tahun ini dapat menjadi semangat bagi kita semua, terutama generasi muda penerus, agar dapat membawa kejayaan Indonesia di tahun-tahun mendatang.

PPID Kota Bontang