(Bontang, 22 Mei 2018). Dalam rangka memantau perkembangan harga dan stok bahan pokok pada bulan Ramadhan di Kota Bontang, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kota Bontang kembali menggelar monitoring pada Senin (21/5/18) kemarin bersama tim monitoring yang dipimpin oleh Plt. Kepala DKUKMP, Dra. Hj. Karlina, MT. Monitoring ini merupakan agenda rutin DKUKMP setiap minggunya.

Pada umumnya, menjelang Bulan Suci Ramadhan, berbagai harga kebutuhan pokok meningkat. Contohnya, harga daging ayam yang mengalami kenaikan di berbagai pasar di Kota Bontang. Salah satunya Pasar Rawa Indah. Di pasar ini, daging ayam mencapai kisaran harga Rp 55.000 – 60.000.

Namun, melalui monitoring yang dilaksanakan DKUKMP secara rutin harga kebutuhan pokok dapat terpantau dan mulai mengalami penurunan harga. Disamping itu, melalui monitoring ini dapat diketahui fluktuasi harga Bahan Pokok Penting (Bapokting), mengontrol terjadinya inflasi, mengetahui persediaan kebutuhan Bapokting sehingga pemerintah baik pusat maupun daerah dapat mengambil kebijakan.

Di Pasar Rawa Indah sendiri harga daging ayam berkisar Rp 45.000 sedangkan di Pasar Telihan berkisar Rp 35.000. Penurunan ini terjadi seiring bertambahnya persediaan ayam yang semula sebelum puasa pedagang hanya memperoleh persediaan 50-100 ekor per hari kini menjadi 100-200 ekor per hari.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala DKUKMP, Dra. Hj. Karlina, MT berharap agar persediaan kebutuhan bahan pokok tetap aman dan stabil sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Bontang selama bulan Ramadhan.

PPID Kota Bontang