(Bontang, 22 Mei 2018). Sebagai Kelurahan yang memiliki wilayah administrasi terluas di Kecamatan Bontang Selatan, tentu dibutuhkan inovasi untuk menjawab tantangan dalam menjaga persatuan dan menciptakan kondisi tertib serta aman di lingkungan sosial masyarakat. Menjawab tantangan tersebut, Kelurahan Berebas Tengah dibawah kepemimpinan Bapak Lurah H. Usman, HM, ST, M.Si membentuk organisasi kepemudaan diantaranya Forum Pemuda Anti Narkoba (FPAN) dan Forum Pemuda Antar Umat Beragama (FPAUB).

Usman mengatakan, dirinya mencoba membuat organisasi yang lebih dekat dengan masyarakat, dan memiliki cara kerja yang lebih terinci dan terorganisir dengan mendahulukan pendekatan kekeluargaan dan persaudaraan dari pada penindakan. Dengan hadirnya kedua forum ini diharapkan dapat menanggulangi kenakalan remaja yang mencakup anak – anak  di bawah umur serta pemuda.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinyanya, forum kepemudaan yang hanya ada di Kelurahan Berebas Tengah ini tidak berjalan sendiri, tetapi menggandeng semua stakeholders, Babinkantibmas atau Bhabinsa di wilayah Kelurahan Berebas Tengah.

Kedua Forum tersebut akan bekerja seiring dan selaras dengan Badan Narkotika (BNK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang secara struktural telah berdiri disetiap Kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Dijelaskan pula, FPAN berfungsi sebagai sumber informasi dengan tugas diantaranya melakukan patroli malam serta melakukan pendekatan persaudaraan kepada anak – anak atau pemuda agar menjauhi kegiatan negatif dan beralih ke kegiatan positif, misalnya olah raga, lomba atau kegiatan lainnya.

Sementara FPAUB, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya melibatkan dewan gereja/pemuda gereja juga ketua ta’mir/remaja masjid, (sesuai agama yg ada di Kelurahan Berebas Tengah). Menjaga persatuan pemuda antar umat beragama dengan berlandaskan keadilan, persaudaraan, satu nusa satu bangsa dan berusaha mencegah dan meredam adanya gesekan antar umat beragama. Tak hanya itu, kerjasama antar umat beragama juga dilakukan dengan membantu pengamanan jika dilaksanakan hari besar keagamaan dan bergotong royong membersihkan tempat – tempat ibadah di wilayah Kelurahan Berebas Tengah.

PPID Kota Bontang