(Bontang, 22 November 2017). Demi mewujudkan masyarakat informasi dalam era digital di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 21 November 2017 dan direncanakan akan berakhir pada tanggal 24 November 2017. Penyelenggaraan kegiatan tersebut pun tak lepas dari dukungan pemerintah setempat, baik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kota Palembang, serta Pemerintah Banyuasin.

Beberapa pejabat tingkat kementerian dan lembaga turut diundang dalam kegiatan tersebut, antara lain humas kementerian/lembaga, Badan Usaha Milik Negara/Daerah, perguruan tinggi negeri se-Indonesia, humas secretariat daerah provinsi/kabupaten/kota se-Indoensia, Dinas Komunikasi dan Informatika provinsi/kabupaten/kota se-Indoensia, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Forum Komunikasi Media Tradisional serta Komunitas Blogger dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah seluruh peserta yang hadir diperkirakan  kurang lebih 3.500 orang.

Adapun sasaran dari kegiatan tersebut, yaitu: (1) Terwujudnya tata informasi nasional melalui pengembangan dan pembangunan komunikasi dan informatika yang terintegrasi, (2) Meningkatnya integrasi dan koordinasi Kemkominfo dengan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota dalam pembangunan/pengembangan komunikasi dan informatika, (3) Terdorongnya pembangunan komunikasi dan informatika yang dilaksanakan secara bergiliran di daerah serta (4) Terlaksananya evaluasi tentang pengembangan/pembangunan komunikasi dan informatika.

Sejumlah kegiatan turut serta dilaksanakan dalam acara SAIK tahun ini, seperti Forum Bakohumas, temu Kelompok Informasi Masyarakat tingkat nasional, temu blogger, dan pameran produk humas, KIM, produk teknologi informasi dan komunkasi, serta pos dan telekomunikasi (postel).

PPID Kota Bontang