(Bontang, 7 Maret 2017). Anggota Komisi 3 DPRD Kota Bontang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo dan Statistik pada Selasa (7/3) pagi tadi. Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua Komisi 3 H.Rustam ini digelar di Ruang Rapat Dinas Kominfo dan Statistik tersebut merupakan bukti keseriusan DPRD Kota Bontang dalam menjalankan fungsinya sebagai pengawas dan pemantau setiap pelaksanaan peraturan daerah serta penghubung antara masyarakat dengan pemerintah.

Dalam kunjungan  kerja tersebut turut hadir anggota Komisi 3, H.Ridwan, Suhut Haryanto, Sulhan, Rusli, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Drs. Dasuki beserta jajarannya  serta beberapa awak media.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Anggota Komisi 3 H.Rustam menuturkan perihal besaran bandwidth yang mempengaruhi layanan LPSE.

“Terkait Lelang dalam pelayanan LPSE, kontraktor sering mengeluhkan lambatnya sistem untuk lelang LPSE. Kita harus mencari solusi kelancaran proses lelang untuk masyarakat sehingga dapat meningkatkan layanan LPSE,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Drs. Dasuki menuturkan bahwa kurangnya bandwidth yang dimiliki Pemkot sangat berpengaruh bagi kelancaran proses lelang LPSE.

“Pelayanan PPID dan LPSE merupakan salah satu bentuk pelayanan yang mutlak sesuai dengan amanah UU Nomor 14 Tahun 2008 terkait Keterbukaan Informasi Publik serta UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Perlu kita ketahui, Bandwidth yang dimiliki Pemkot Bontang saat ini hanya 60 Mbps. Dengan kapasitas bandwidth tersebut, tentu saja masih kurang dan menyebabkan lambatnya layanan online yang ada di Pemkot Bontang,” ucap Dasuki.

“Selain itu, pusat server LPSE berada di LKPP jadi jika seluruh Indonesia mengakses, tentu saja akan lambat. Namun, kedepannya kami akan mengupayakan solusi untuk permasalahan ini, baik itu berupa penambahan bandwidth atau upaya lainnya,” tutup Dasuki.

PPID Kota Bontang