(Bontang, 3 Oktober 2016). Walikota Bontang, Neni Moernaeni bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Auditorium Pemkot Bontang, Jalan Awang Long, Sabtu (1/10) pagi lalu.

Upacara dihadiri Wawali Basri Rase beserta jajaran Pemerintah Kota Bontang, Ketua DPRD Bontang, Kaharuddin Jafar, anggota FKPD, manajemen perusahaan dan pelajar di Kota Bontang berlangsung khidmat. Adapun tema pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah “Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa sebagai Wujud Pengamalan Pancasila.”

Upacara dimulai pada pukul 07.45 dan dipimpin oleh Komandan Upacara, Lettu Arh Hendro Ramadhani. Walikota Bontang selaku inspektur upacara tiba di mimbar didamping ajudan. Pembacaan Teks Pancasila oleh Walikota Neni diikuti seluruh peserta upacara dan tamu undangan.

Suwardi bertindak sebagai pembaca naskah UUD 1945 dan Ketua DPRD Kota Bontang, Kaharuddin bertindak sebagai Pembaca Ikrar.

Dalam ikrar yang disampaikan oleh Kaharuddin pagi itu, sejak kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga saat ini terjadi rongrongan baik dari dalam dan luar negri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rongrongan tersebut disebabkan oleh kelengahan dan kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideology Indonesia.

Oleh karena itu, dengan semangat kebersamaam yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, menyerukan bangsa Indonesia khusunya masyarakat Kota Bontang untuk tetap memperkokoh tegaknya NKRI. Hal tersebut dilakukan dengan mengamalkan Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Bagian Humas-PPID Kota Bontang