(Bontang, 14 Maret 2019). Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bontang kembali menghadirkan Pelayanan Perizinan Keliling (Peri-link). Terhitung mulai pekan ke-3 Maret mendatang, warga Kota Bontang dapat kembali menikmati layanan pengisian formulir online.

Peri-Link akan beroperasi setiap Hari Rabu dan Kamis, mulai pukul 08.30 Wita s/d 14.00 Wita. Wilayah kelurahan yang jauh dari kantor DPMPTSP menjadi prioritas program ini. Di antaranya Kelurahan Bontang Lestari, Kelurahan Kanaan, Kelurahan Guntung, Kelurahan Loktuan, Kelurahan Berbas Pantai dan Kelurahan Berbas Tengah.

Diakui pihak DPMPTSP, Peri-Link merupakan upaya mendekatkan pelayanan publik, khususnya pelayanan perizinan kepada masyarakat. Selain itu merupakan langkah strategis melalui pelayanan perizinan ke lokasi aktivitas masyarakat. Sehingga diharapkan, masyarakat dengan mudah dan cepat dalam mengurus perizinan, serta tidak mengeluarkan biaya transport untuk mendatangi kantor.

Di sisi lain, keberadaan Peri-Link mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Sistem perizinan yang digunakan dalam Peri-Link ini adalah sistem online single submission (OSS) dan SiPeri-Etnik. Keduanya merupakan sistem yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan secara elektronik. Sehingga Peri-Link  sebagai layanan pengisian formulir online diharapkan dapat membantu masyarakat melakukan pengisian formulir on line (help desk mobile).

Selain memudahkan pelayanan, Peri-Link juga sebagai ajang sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Pada saat yang sama, sekaligus memberikan informasi jika mengurus periijinan dapat dilakukan secara online.

DPMPTSP – PPID Kota Bontang