(Bontang, 27 Juni 2018). Pemerintah Kota Bontang kembali menunjukkan komitmen dan dukungannya terhadap Pilgup 2018 yang dilaksanakan secara serentak hari ini. Hal ini terbukti dengan kondusifnya proses pemilihan gubernur di seluruh TPS yang ada di Kota Bontang. Sebagai bahan informasi terdapat 275 TPS yang tersebar di 15 Kelurahan di Kota Bontang. Dengan jumlah total pemilih sebanyak 114.111 orang.

Sebagai bentuk dukungan terhadap jalannya Pilgub 2018, Walikota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, S.POG melakukan pencoblosan di TPS 05 RT 07 Kelurahan Bontang Baru Kecamatan Bontang Utara. Setelah melakukan pencoblosan, Bunda Neni didampingi Ketua DPRD Kota Bontang, dan Tim melakukan monitoring di beberapa TPS yang tersebar di Kota Bontang, yaitu TPS 19  Gunung Elai, TPS 10,11,12 Kelurahan Guntung, TPS 01 Kelurahan Belimbing, TPS 04 Kelurahan Kanaan dan TPS 25 Kelurahan Berbas Tengah. Hal ini dilakukan untuk melihat secara langsung jalannya Pilgub di tiap TPS.

Bunda Neni menyampaikan bahwa penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU telah menyiapkan logistik dan TPS dengan baik. “Untuk saat ini dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat dalam menyuarakan hak pilihnya. Karena di awali dengan hujan, sehingga tingkat partisipasi masyarakat di beberapa TPS agak berkurang. Tetapi, seiring cerahnya hari, tingkat partisipasi masyarakat semakin meningkat,” terang Bunda Neni.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Bontang Suardi, S.Sos menjelaskan bahwa KPU menargetkan 80 %  pemilih tetap ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur ini.

“Untuk Pilgub ini KPU optimis 80 % pemilih tetap melakukan pencoblosan, walau  saat ini Bontang lagi di guyur hujan. Insyaallah, target kami tercapai, masih ada waktu 2 jam,” terangnya.

Selain melakukan pemantauan di TPS, Walikota Bontang di damping Wakil Walikota Bontang Basri Rase, KPU, Forkominda, Bawaslu beberapa kepala OPD melakukan video converence di Command Center (CC) Pemerintah Kota Bontang pada , Jalan Awang Long No. 1 Kota Bontang.

Dalam vicon, Bunda Neni menyampaikan laporannya kepada Gubernur Kalimantan Timur Drs. H. Awang Farouk Ishak, M.M, M.Si bahwa proses Pilgup di Kota Bontang berjalan dengan lancar dan kondusif dengan tingkat partisipan sebesar 77,8 %. Untuk wilayah Sidrap terdapat 4 TPS.

Menanggapi laporan Walikota Bontang, Gubernur Awang Farouk Ishak menjelaskan bahwa untuk wilayah Sidrap, telah ditetapkan secara prerogative menjadi wilayah Kota Bontang. Adapun penetapannya secara hukum akan ditetapkan kemudian hari.

PPID Kota Bontang