(Bontang, 2 Juni 2018). “Selama 73 tahun, Pancasila telah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah hingga akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia” tegas Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan Presiden RI dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73.

Digelar di Halaman Kantor DPMTKPTSP (ex. Kantor Walikota Lama) Jalan Awang Long No. 1 Kota Bontang, upacara peringatan Harlah Pancasila berlangsung khidmad  dalam suasana Ramadhan yang penuh berkah. Mengusung tema “Bersatu, Berbagi, Berprestasi” upacara dihadiri oleh Wakil Walikota Bontang Basri Rase, Wakil Ketua DPRD Kota Bontang, Asisten 1,2,3, para kepala dinas, camat, lurah, Kapolres Bontang, Komandan Kodim 0908, perwakilan Kejaksaan, dan para undangan.

Lebih lanjut Bunda neni menyampaikan, Pancasila merupakan falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dengan peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

“Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi ,” tegas Bunda Neni.

Pada peringatan Harlah Pancasila, Presiden RI juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang pesta olah raga besar yang akan berlangsung di bulan agustus mendatang. Dan beliau berharap agar seluruh pemerintah daerah dan masyarakat berperan aktif mendukung penyelenggaraan Asian Games Jakarta – Palembang 18-8-18 mendatang.

“Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini,” tekan Presiden dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bunda Neni.

Dengan Hari Lahirnya Pancasila ini, presiden mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

“Dengan demikian, semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah menuju Indonesia yang maju dan jaya,” harapnya.

Rangkaian acara berlangsung dengan tertib dan lancar, dalam cuaca mendung dan syahdu. Sebagai informasi, upacara yang digelar oleh Pemerintah Kota Bontang ini, dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bontang.

PPID Kota Bontang