(Bontang, 10 Oktober 2017). Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang menyelenggarakan Seminar Peringatan Hari Statistik Nasional 2017 dengan mengangkat tema “Kerja Bersama dengan Data” pada Selasa (10/10/2017) pagi tadi. Berdasarkan UU RI No. 16 Tahun 2017, BPS ditempatkan sebagai penyelenggara kegiatan statistik satu-satunya dan BPS bertanggung jawab langsung kepada presiden. Dalam melaksanakan kegiatannya, BPS harus memenuhi standard Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), yaitu professional, akuntabel, objektif dan independen.

Bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang, kegiatan tersebut dihadiri antara oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Bontang Artahnan, Kepala BPS Kota Bontang Basiran Suwandi, beberapa kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bontang atau perwakilan, serta para undangan lainnya. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Walikota Bontang yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Bontang serta Kepala BPS Kota Bontang.

Basiran Suandi dalam kesempatannya menyampaikan beberapa hal mengenai peran BPS. Selain berperan dalam menyediakan data bagi pemerintah dan masyarakat, Basiran memaparkan bahwa BPS juga berperan dalam membantu kegiatan statistik pada lembaga pemerintah atau institusi lain, membangun kerjasama dengan institusi internasional untuk kepentingan perkembangan statistik Indonesia, serta mengembangkan dan mempromosikan standar teknik dan metodologi statistik.

Walikota Bontang yang diwakili oleh Plt. Sekda Kota Bontang Artahnan menyampaikan betapa pentingnya sebuah data. Menurutnya, data merupakan kunci untuk mengetahui potensi dan permasalahan suatu daerah serta untuk mengetahui cara mengatasi permasalahn-permasalahan tersebut. Menutup pemaparannya, Artahnan berpesan agar dalam menyusun perencanaan daerah yang baik, hendaknya memperhatikan data-data yang telah diperoleh dengan baik pula.

“Perencanaan yang baik dengan data yang baik, Insya Allah hasilnya akan baik. Membangun data mahal, tetapi lebih mahal membangun tanpa data,” ungkap Artahnan.

 PPID Kota Bontang