(Bontang, 7 Februari 2019). Wali kota Bontang Dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og berharap Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dapat dirasakan manfaatnya secara langsung bagi masyarakat. Hal itu disampaikan dalam kegiatan serah terima dan peresmian Kegiatan Bantuan Dana Investasi (BDI), Rabu (6/2).

“Semoga kegiatan Bantuan Dana Investasi (BDI) terus berlanjut dan manfaatnya dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Taman,” katanya.

Bantuan kali ini diserahkan kepada Kelurahan Lhok Tuan senilai Rp 1 miliar untuk program KOTAKU di kawasan Kampung Selambai. Rencananya, dana dari program tersebut dialokasikan guna membangun drainase sepanjang 150 meter. Juga pembelian 4 unit motor sampah, dan 1 unit motor pemadam kebakaran.

Dikesempatan itu, Neni menekankan ingin menjadikan Lhok Tuan dan seluruh Kota Bontang menjadi  bersih dan asri, terlebih adanya bantauan tersebut selaras dengan misi Kota Bontang sebagai Green City.

“Terima kasih Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) atas partisipasinya dalam membangun Kota Bontang,” Kata Neni.

Sementara itu, Lurah Lhok Tuan M. Takwin mengapresiasi program kotaku itu. Bantuan yang diterima ini dianggap perwujudan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah. “Program KOTAKU ini juga selaras dengan Program Kali bersih Wali Kota Bontang,” tutur Takwin.

Dijelaskan Takwin, empat unit motor sampah itu akan disebar di RT yang dianggap miliki persoalan  penanggulangan sampah. Sedangkan motor pemadam kebakaran akan ditempatkan di daerah yang sulit diakses kendaraan roda empat.

“Semoga kendaraan taktis ini, dapat bantu kami menanggulangi sampah lebih baik, serta bencana kebakaran bisa diproteksi dan diminimalisir, ” tutup Takwin.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og kepada Lurah Lhok Tuan, M. Takwin didampingi Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal, unsur Forkopimda, Ketua Forum RT, perwakilan RT se-Lhok Tuan.

Program KOTAKU merupakan upaya strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mengubah suatu kawasan kumuh, menjadi kawasan yang bersih dan bermanfaat bagi masyarakat. (AG/MS)

PPID Kota Bontang