(Bontang, 31 Desember 2018). Penghujung tahun 2018 telah tiba, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Pemerintah Kota Bontang dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bontang. Hal tersebut terbukti melalui launching Sistem Pengolahan Air Minum Dari Air Laut (Sea Water Reverse Osmosis) yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota pada Senin (31/12) siang tadi.

Walikota Bontang, Bunda Neni dalam sambutannya menuturkan bahwa Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) merupakan salah satu program Pemerintah Kota Bontang untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat pesisir.

“Air bersih tentunya menjadi kebutuhan yang penting bagi semua warga. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bontang kali ini menggunakan teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) untuk menghasilkan air minum yang bersih bagi warga Gusung,” ungkap Neni.

“Untuk kualitas dan rasa air minumnya, tentu sudah di cek oleh Dinas Lingkungan Hidup dan layak untuk diminum,” lanjutnya.

Lebih lanjut Walikota Neni menjelaskan bahwa alat yang digunakan untuk pengolahan air minum merupakan alat yang ramah lingkungan karena menggunakan energi yang terbarukan berupa panel surya.

“Nah, alat yang kita gunakan untuk pengolahan air ini harus dijaga dengan baik. Oleh karena itu, kami telah menunjuk 5 orang warga Gusung untuk merawat alat tersebut. Kenapa warga Gusung? karena kita ingin memberdayakan masyarakat disini. Selain itu, saya berharap agar warga Gusung dapat menjaga kebersihan air lautnya. Jadi, mulai saat ini jangan buang sampah sembarangan dan mengotori air laut,” tegas Neni.

Usai sambutan tersebut, Jumadi, salah satu warga Gusung menyampaikan rasa terima kasih nya kepada Pemerintah Kota Bontang.

“Setiap dua kali sehari kami harus mengambil air bersih kurang lebih sebanyak 30 jerigen dan cukup melelahkan, namun dengan adanya program ini sangat membantu dan mengurangi beban kami dalam memperoleh air bersih. Terima kasih untuk Pemkot Bontang,” ucap Jumadi.

Diakhir acara tersebut, Bunda Neni pun mengajak seluruh warga Gusung untuk mengucapkan Deklarasi laut bersih serta foto bersama.

Sebagai bahan informasi, Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) adalah salah satu teknologi pengolahan air laut menjadi air tawar yang paling sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum. Keistimewaan dari proses pengolahan air laut ini adalah mampu menyaring molekul yang lebih besar dari molekul air.

PPID Kota Bontang