(Bontang, 9 Agustus 2018).Terapkan sistem jemput bola, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang menargetkan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) usia pemula (17 tahun) yang saat ini berada di Sekolah sekolah SMA/SMK/MA di Kota Bontang.

Kali ini, perekaman tersebut diikuti sebanyak 205 siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Bontang.  Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 7 hingga 9 Agustus 2018 mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Bontang Dra. Hj. Yuliatinur. MM, menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dicanangkan pemerintah pusat awal 2018 lalu.

“Target perekaman ini ialah menuntaskan perekaman KTP elektronik bagi penduduk yang belum melakukan perekaman,” ujar Yuliatinur.

Sementara itu, Plt. Kabid Pendaftaran Penduduk Mohammad Karnadi, menyampaikan bahwa perekaman jemput bola ini sekaligus sebagai bentuk sosialisasi kepada pelajar usia pemula.

“Melalui perekaman ini, kami harap para pelajar dapat menyadari pentingnya memiliki dokumen kependudukan termasuk KTP elektronik sebagai identitas penduduk warga negara,” ucap Karnadi.

Lebih lanjut, KTP Elektronik nantinya dapat dipergunakan untuk mengurus berbagai administrasi di bidang. Mulai dari kesehatan, perbankan, kepolisian, imigrasi, termasuk sebagai syarat menggunakan hak pilih Pemilu 2019.

Sebagai informasi, sebelumnya Disdukcapil bersama pihak Kecamatan juga melakukan berbagai pelayanan jemput bola, diantaranya perekaman ke wilayah pesisir, seperti Pulau Gusung, Tihi – Tihi, dan Selangan, perekaman pada hari libur di beberapa kelurahan di wilayah Kota Bontang serta perekaman kerumah-rumah warga yang sakit, jompo atau lansia.

“Sepanjang ada laporan dan informasi yang diberitahukan, maka kami siap jemput bola turun melakukan perekaman,” tutup Karnadi dengan optimis.

PPID Kota Bontang