(Bontang, 03 Mei 2018). Untuk mendukung upaya penegakan dan pemahaman Hak Asasi Manusia (HAM) berdasarkan UU Nomor 39 Tahun 1999 Tentang HAM, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bontang menggelar Diseminasi Hak Asasi Manusia Bagi Pelajar SMA Negeri 3 Bontang dengan tema Pencegahan Kejahatan Seksual Terhadap Anak Dalam Perspektif HAM, kamis (3/5) pagi.

Bertempat di SMA Negeri 3  Bontang, Jalan Arif Rahman Hakim, Belimbing Bontang Barat, Diseminasi HAM tersebut dibuka secara resmi oleh Kabag Hukum Setda H. Hariyadi, SH, MM sebagai perwakilan Pemkot Bontang didampingi Kepala Sekolah SMAN 3 Bontang Wahyuddin, S.Pd. bersama tiga orang narasumber yang bersasal dari Kanwil Kemenkumham Prov. Kaltim yaitu Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Amru Walid Batubara, SH, MH, Mis Joni, SE, Eka Juraidah, SH, MH. Adapun peserta yang mengikuti Desiminasi HAM tersebut adalah siswa dan siswi SMAN 3.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, menjelaskan bahwa sosialisasi HAM tersebut dilakukan agar peserta memahami hak dan kewajiban setiap warga Negara, karena selama ini banyak kita lihat ada pelanggaran – pelanggran HAM tetapi kita tidak mengerti HAM apa yang dilanggar. HAM merupakan hal yang penting karena terdapat prinsip – prinsip, diantaranya kesetaraan, tidak ada diskriminasi, universal atau berlaku umum. HAM wajib dilaksanakan tanpa memandang perbedaan manusia baik dari suku, agama, ras, kelompok golongan, bahasa, status sosial, status ekonomi, jenis kelamin (Gender), ataupun kepentingan politik tertentu demi terwujudnya keadilan.

”Itulah perlunya kita sosialisasi mengenai HAM tersebut, supaya kita saling menghargai, jangan ada orang atau kelompok yang termarjinalkan,” ungkap Amru.

Dalam sambutan Walikota Bontang yang dibacakan Kabag Hukum Setda H. Hariyadi, SH, MM, menyatakan apresiasi dan menyambut baik diselenggarakan kegiatan Diseminasi HAM, karena tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran hukum dan HAM masyarakat Kota Bontang, khususnya para pelajar.

Dengan adanya diseminasi HAM, diharapkan anak – anak Bontang sebagai generasi penerus dapat menjadi generasi yang sadar, taat, dan hormat akan Hak Asasi Manusia dan memahami cara melindungi diri dan mencegah generasi muda dari kejahatan seksual, pada akhirnya diharapkan tercipta generasi muda yang berkualitas, berkepribadian, bermoral dan berakhlak.

Beliau juga menyampaikan kepada peserta, untuk dapat menggali sebanyak – banyaknya informasi terkait materi Diseminasi HAM terkait Pencegahan Kejahatan Seksual Terhadap Anak Dalam Perspektif HAM tersebut, sehingga diharapkan peserta dapat memahami dan menerapkan baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

“Akhirnya mengharap Ridho Allah SWT Tuhan yang Maha Esa, dengan mengucapkan Bismillah secara resmi Desiminasi HAM dimulai,” tutup Hariyadi.

 

PPID Kota Bontang