(Bontang 12 Maret 2019)-Selasa (12/3) pagi Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM) Kota Bontang menggelar Pelatihan Kader Posyandu Tahun 2019. Bertempat di Auditorium 3 Dimensi, pelatihan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Tingkat Kota Bontang. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar kader Posyandu memiliki bekal dan keterampilan dalam pengelolaan Posyandu.

Kader Posyandu yang hadir merupakan delegasi dari seluruh kecamatan di Bontang. Dengan mengikuti kegiatan ini, kader-kader tersebut, diharapkan mampu menyelenggarakan dan meningkatkan kinerja/stratifikasi Posyandu.

Pada kesempatan yang sama, Drs. H.M. Bahri, MAP, Ketua Pokjanal pembina Posyandu menekankan pentingnya keberadaan Posyandu di masyarakat.

“Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan,” ujar Bahri.

Pelatihan ini terbagi ke dalam beberapa sesi selama 3 hari. Adapun materi inti yang dibawakan oleh narasumber yaitu pengetahuan tentang KB, KIA, Imunisasi, tumbuh kembang, gizi dan PMT, serta teknik pemantauan tumbuh kembang anak.

Selain materi kesehatan, pihak penyelenggara juga membekali peserta dengan kemampuan sosial lain seperti teknik komunikasi efektif, dan teknik pemberdayaan/penggerakan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Pokjanal Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan, penyelenggaraan, pengelolaan posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

Sebagai informasi, Pokjanal Posyandu bertugas menyampaikan data dan informasi dalam skala Kota/Kabupaten tentang keadaan maupun perkembangan kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan program posyandu. (AF/M).