(Bontang, 27 Mei 2017). Tim Penggerak PKK Kota Bontang bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) menggelar Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14 dan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Tingkat Kota Bontang pada Jumat (26/05/2017) pagi. Kegiatan tersebut didukung oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos dan P3M) Kota Bontang,

Bertempat di Auditorium Walikota Bontang, kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Bontang Neni Moerniaeni, Plt. Sekretaris Daerah Kota Bontang Artahnan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bontang Hafidah, Ketua LPM Kota Bontang, perwakilan DPRD Kota Bontang, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bontang, perwakilan Polres Kota Bontang, perwakilan Kodim 0908/BTG, perwakilan Den Arhanud Rudal 002 Bontang, Camat dan Lurah se-Kota Bontang, serta para undangan lainnya.

Walikota Bontang Neni Moernaeni dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mencapai visi dan misi daerah harus dimulai dengan pemberdayaan keluarga. Dengan demikian, maka seluruh unsur Tim Penggerak PKK di Kota Bontang diharapkan mampu memberdayakan keluarga-keluarga di Kota Bontang. Karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat.

Selain itu, Neni juga menjelaskan 10 program pokok PKK. Adapun 10 program pokok PKK tersebut antara lain: (1) Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, (2) Gotong Royong, (3) Pangan, (4) Sandang, (5) Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, (6) Pendidikan dan Keterampilan, (7) Kesehatan, (8) Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, (9) Kelestarian Lingkungan Hidup dan (10) Perencanaan Sehat.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan prosesi pelantikan ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan dan kelurahan. Ketua-ketua yang telah terpilih dikukuhkan langsung oleh masing-masing camat di Kota Bontang yang merupakan Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kecamatan. Demikian juga untuk tingkat kelurahan yang dikukuhkan langsung oleh masing-masing lurah setempat.

Dalam sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, yang dibacakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bontang Hafidah, menyampaikan bahwa seluruh jajaran Tim Penggerak PKK agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana ketentuan yang ada.

Ada dua prinsip yang harus dipegang teguh dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut, yaitu prinsip kemitraan dan kerelawanan. Prinsip kemitraan mengandung pengertian kesejajaran dan kesetaraan diantara unsur Tim Penggerak PKK dengan mitra kerja. Sedangkan prinsip kerelawanan adalah bekerja tanpa pamrih.

Sebagaimana himbauan yang disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Hafidah pun menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bontang yang terpilih.

“Selamat kepada Ketua Tim Penggerak PKK Tingkat Kecamatan dan Tingkat Kelurahan di Kota Bontang yang baru saja dilantik. Semoga dapat melaksanakan tugas dan fungsi Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di wilayah masing-masing demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera sebagaimana visi pemerintah kota bontang tahun 2016-2021,” himbaunya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai kategori lomba yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Bontang.

PPID Kota Bontang