(Bontang, 20 Mei 2019). Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 Tahun 2019 diperingati Pemkot Bontang dengan menggelar upacara bendera di halaman kantor PTSP/Auditorium Taman 3 Dimensi, Jl. Awang Long No. 1, Kelurahan Bontang Baru, Senin (20/5/2019) pagi.

Mengusung tema “Bangkit untuk Bersatu”, upacara kali ini dihadiri dan dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, serta diikuti ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kalangan baik ASN Pemkot Bontang, TNI, maupun pelajar.

Dalam sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara yang dibacakan Wakil Wali Kota Bontang menyampaikan bahwa tema Harkitnas tersebut dinilai relevan dengan Sumpah Palapa untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebab, Bangsa Indonesia sendiri berada dalam situasi pasca demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian masyarakat.

“Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” ujar Basri menyampaikan pesan Menkominfo.

Apalagi, lanjut Basri, Harkitnas ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dan meninggalkan perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

“Hingga pada akhirnya, pada ujung Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara di sekitar kita,” tutur Basri

Lebih jauh, Basri mengajak sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbaharui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai kearifan lokal yang akan membawa Bangsa Indonesia menuju kejayaan di pentas global.

“Dengan cara  memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” tutupnya.

Tampak hadir dalam upacara tersebut, beberapa anggota DPRD Kota Bontang, kepala dan perwakilan OPD, seluruh Asiaten, unsur Forkopimda, dan tamu undangan. (AG/foto: S)

PPID Kota Bontang