(Bontang, 5 November 2018). Tim Visitasi Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Bontang di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bontang, Senin (5/11) pagi.

Bertempat di ruang rapat Diskominfotik Kota Bontang, jalan Moch. Roem, Bontang Lestari, kunjungan Tim Visitasi yang dipimpin oleh Komisioner KI Prov. Kaltim Bidang Kelembagaan Sencihan, merupakan tindak lanjut dari serangkaian proses monitoring dan evaluasi sekaligus verifikasi kesesuaian Self Assesment Questionnaire (SAQ) Penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2018 yang telah diterima KI Prov. Kaltim pada 11 Oktober 2018 lalu.

Dalam visitasi tersebut, diterima langsung oleh Kepala Diskominfotik Kota Bontang juga selaku pimpinan PPID Utama Drs. Dasuki, M.Si bersama Sekretaris Diskominfotik Kota Bontang Ririn Sari Dewi, S.Ip, M.Si, Kabid Pelayanan Informasi Data dan Statistik, seluruh Kasi dan Kasubag, serta staf PPID Utama.

Dalam sambutannya, Dasuki menyambut baik kunjungan Tim Visitasi KI Prov. Kaltim, ia pun mengungkapkan kesiapan PPID Utama memberikan keterangan dalam proses verifikasi kesesuaian SAQ.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa PPID Utama telah melakukan pembenahan dan inovasi dalam upaya memenuhi  amanah undang – undang terkait keterbukaan informasi. PPID Utama membangun sinergi melalui Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan secara rutin bersama PPID Pembantu yang terdapat pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Kerja sama dengan PPID Pembantu sudah cukup baik, terbukti dengan beberapa OPD yang sudah aktif memberikan informasi data yang akan kita upload,” terang Dasuki.

“Peran PPID sendiri mendorong pemerintahan yang clean dan good governance, tentu teori – teori yang disampaikan Komisi Informasi ketika kita menerapkan pemerintahan demokrasi, maka disitu ada ruang publik yang sangat luas sehingga pemerintah berkewajiban member informasi publik,” lanjutnya.

Selain itu, upaya mensosialisasikan keberadaan dan fungsi serta kontribusi PPID dalam penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dilakukan dengan cara diseminasi melalui program dialog interaktif dibeberapa media elektronik baik stasiun TV Lokal maupun radio.

Sementara itu, Komisioner KI Prov. Kaltim Sencihan menyampaikan apresiasi upaya Pemkot Bontang dalam melaksanakan keterbukaan informasi melalui Diskominfotik dan PPID. Ia pun menambahkan bahwa proses verifikasi dan Monev tersebut juga bertujuan untuk menghindari kesalahan saat mengambil kesimpulan terkait data pendukung PPID Kota Bontang.

Setelah mengunjungi PPID Utama di Diskominfotik Kota Bontang, rombongan tim visitasi KI juga mengunjungi dua PPID Pembantu, yakni Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang dan Dinas Pendidikan Kota Bontang.

PPID Kota Bontang