(Bontang, 24 Maret 2019). Rencana penanganan kumuh skala kawasan di Kampung Selambai Kelurahan Loktuan nampaknya akan segera terealisasi, hal ini ditandai dengan kunjungan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kaltim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR),  Sandhi Eko Bramono Poedjastanto, S.T, M. Env.Eng.Sc, Ph.D., beserta rombongan di Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Jl. Awang Long No. 1, Bontang Utara, Minggu (24/3/2019) pagi.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og., didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Faisal, Lurah Loktuan, Bapelitbang, Dinas Perkim, Konsultan Perencana, dan Tim Kotaku.

Selain silaturahmi sebagai pejabat baru diposisi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kaltim sejak dilantik dua bulan lalu. Dalam pertemuan itu, diketahui rencana kedatangan mereka di Kampung Selambai untuk memastikan perencanaan teknis yang telah dirampungkan sebelum masuk pada proses lelang.

Dijelaskan pula, penataan di Kampung Selambai menyerap anggaran sebesar Rp 20 miliar yang berasal dari Loan Bank Dunia dengan sistem multiyears.

Anggaran tersebut ditujukan pada pembangunan infrastruktur berupa jalan beton sepanjang 400 m, pembangunan 3 tambatan kapal, landmark kawasan, serta 2 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal termasuk pipa distribusi untuk 250 KK di wilayah Kampung Selambai.

Dikesempatan itu, Sandhi pun mengharapkan komitmen dari Pemkot Bontang untuk menjaga kondusifitas selama pelaksanaan fisik, serta dukungan dari APBD dan CSR di Kampung Selambai agar terpadu dan lebih memperindah kawasan.

Setali tiga uang, Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og., menyatakan komitmennya  untuk mendukung dan menjamin kondusifitas lokasi tersebut, serta mengarahkan APBD dan CSR di lokasi yang sama untuk keterpaduan pembangunan.

Lebih lanjut, Neni berharap rencana penanganan kumuh di Kampung Selambai dapat segera dilelang agar secepatnya dinikmati warga Kota Taman.

Usai bertemu dengan wali kota, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kaltim KemenPUPR beserta rombongan kembali melanjutkan agendanya menuju lokasi rencana penanganan kumuh skala kawasan di Kampung Selambai Kelurahan Loktuan. (AG)

PPID Kota Bontang