29-btg-peninjauan(Bontang, 29 September 2016). Meski pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) Guntung adalah proyek bantuan dari Pemerintah Pusat, namun tidak membuat Pemkot mengabaikan proyek ini. Wakil Walikota Bontang, basri Rase pun meninjau lokasi proyek Rusunawa.

Pada kesempatan itu, Basri secara detail menanyakan satu per satu progres pekerjaan proyek.

“Ini targetnya bulan Desember selesai. Kira-kira apakah optimis dapat diselesaikan?” tanya Basri saat berdialog dengan kontraktor proyek.

Berdasarkan hasil diskusi, kata Basri memang progres pembangunan terkesan lambat. Persoalan ciaca dan teknis lainnya menjadi penyebab proyek yang telah berjalan selama 11 minggu terancam tidak dapat diselesaikan sesuai target yang telah ditentukan. Apalagi kata Wawali, dari informasi yang berhasil didapatkan saat ini progres pengerjaan baru menyentuh 23%. Padahal, kontraktor diberi waktu kurang lebih 13 minggu untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

“Tadi saya ditelepon Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PU dan Perumahann Rakyat RI, Syarif Burhanuddin. Beliau ingin memastikan proyek Rusunawa berjalan sesuai rencana. Jadi, apapun tadi yang saya lihat berikut dengan data yang saya dapatkan, akan dilaporkan. Tujuannya, supaya hal yang menjadi kendala dalam pekerjaan ini dapat langsung ditanggapi pemerintah pusat,” jelasnya.

Meski terkesan lambat, Wawali yakin proyek ini dapat diselesaikan sesuai target. Terlebih lagi, dari pihak kontraktor menguraikan strategi pengerjaannya agar tepat waktu.

“Memang secara kasat mata dan hitung-hitungan matematika rasanya sangat berat proyek ini selesai tepat waktu. Tapi itu bukan akhir. Tadi saya berbincang-bincang, proyek ini dapat selsai tepat waktu jika kendala-kendala yang ada dapat teratasi dan progres per minggunya dapat lebih besar dari 6%. Jika itu berjalan, insya Allah Rusunawa dapat diselesaikan.” Jelasnya.

Wawali pun berjanji akan terus melakukan monitoring pembangunan Rusunawa Guntung dan melaporkan secara berkala kepada pemerintah pusat. Mengingat, tahun depan Bontang direncanakan akan mendapat dua proyek Rusunawa.

“Bapak Dirjen sewaktu berkunjung ke Bontang sudah berjanji akan memberikan proyek Rusunawa lagi untuk Bontang. Jadi, sebagai pemerintah kota, kita pun harus serius memantau proyek Rusunawa saat ini.” tutupnya.

Bagian Humas-PPID Kota Bontang